Home / Metode Pembelajaran

Kamis, 15 Desember 2022 - 13:20 WIB

3 Tips Gaya Pembelajaran Era Digital

Dibaca 299 kali

Gaya pembelajaran di era digital perlu dilakukan oleh para pendidik. Sekarang menjadi momen yang tepat setelah siswa telah terbiasa dengan pembelajaran berbasis internet pasca pandemi Covid-19.

Setiap fenomena yang terjadi di dunia, tentu memiliki efek positif dan negatif termasuk pandemi covid-19. Salah satu dampak positif pada aspek pendidikan yakni masifnya peningkatan teknologi sebagai sarana penunjang.

Setelah pandemi sudah hampir berakhir, penggunaan teknologi tentu tidak sepenuhnya berakhir. Malah akhirnya pendidikan harus bersinergi dengan aspek teknologi. Fenomena New Normal 2025 menjadi suatu fenomena dimana teknologi akan menjadi tren yang dapat menunjang semua aspek terutama pendidikan.

Berikut ini adalah ragam gaya pembelajaran yang dapat guru terapkan bersama siswa di era digital. Di antaranya yakni :

1.   Pembelajaran dengan Dukungan Video

Model belajar pertama yang bisa digunakan yakni dengan bantuan penggunaan video. Penggunaan video dapat menjadikan siswa lebih tertarik dan mudah menyerap pembelajaran. Pembelajaran tersebut dapat memberikan fasilitas untuk bisa mengolah informasi dengan cepat dan menancapkan pengetahuan dalam pemikiran siswa.

Terdapat beragam cara kreatif dalam menampilkan video. Misal, guru dapat menayangkan video berupa animasi, tutorial, dokumenter, vlog maupun live action untuk mempercepat siswa memahami konten pembelajaran.

2.   Menghadirkan Platform E-Learning

Model lainnya yakni teknologi dapat dimanfaatkan untuk merancang platform e-learning agar siswa lebih mudah mengaksesnya. Perlu diketahui, siswa yang mengakses teknologi secara berlebihan akan sangat mengkhawatirkan sebab mereka bisa menyerap informasi secara bebas.

Maka dari itu, alangkah lebih baiknya bila siswa sibuk dan hanya produktif dengan mengakses pendidikan. Sejauh ini, sudah ada beberapa sekolah yang memiliki website dan mengembangkan konten – konten belajar yang menarik. Hal ini patut didukung dengan mendorong siswa untuk sering mengunjunginya.

Halaman Selanjutnya

3.   Menghadirkan Program Pengajaran yang Berbasis AI…

Share :

Baca Juga

Kompetensi Guru

Yuk Dipahami, Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka!

Metode Pembelajaran

Perbedaan antara Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Mengenal Metode Pembelajaran Saintifik dan Cara Penerapannya

Metode Pembelajaran

Teknik Manajemen Kelas 

Metode Pembelajaran

Guru dan Strategi Dalam Literasi Digital

Karya Inovatif

Tatap Muka Terbatas Anti Boring Dengan Google Workspace For Edu

Metode Pembelajaran

4 Cara Mengajari Siswa Agar Mudah Menghafal Pelajaran secara Efektif

Metode Pembelajaran

Mengenal Konsep Six Thinking Hats untuk Wujudkan Peserta Didik Berkualitas