Home / Seminar

Minggu, 27 Februari 2022 - 14:13 WIB

Daftar Gratis! Seminar Nasional Peran Guru Penggerak

Dibaca 11,716 kali

Guru penggerak merupakan program yang berfokus pada dampak hasil belajar murid melalui pengembangan kepemimpinan guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus melakukan terobosan kebijakan Merdeka belajar. Untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia.

Program organisasi penggerak resmi diluncurkan pada Maret 2020 kebijakan ini mengajak organisasi pendidikan Kian terlibat dalam membantu sekolah untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Kemendikbud juga telah meluncurkan program guru penggerak. program yang berfokus pada dampak hasil belajar murid melalui pengembangan kepemimpinan dan pedagogis guru. Kebijakan Merdeka belajar yang telah dan akan diluncurkan Kemendikbud merupakan sebuah permulaan dan bukti nyata dari semangat untuk terus memajukan pendidikan di Indonesia.

Program ini merupakan saalah satu program penting karena mau sebaik apapun teknologi Pendidikan, kurikulum ,infrastruktur pendidikan di sekolah-sekolah kita. Tidak ada yang bisa menggantikan peran guru penggerak. untuk mentransformasi budaya sekolah kepada pembelajaran peserta didik.

Guru penggerak merupakkan ujung tombak Pendidikan. Karena guru penggerak adalah yang mampu menggerakkan perubahan yang real. Reformasi pendidikan di Indonesia harus berawal dan berakhir kepada guru.

Profil Pancasila sebagai capaian merdeka belajar:

  1. Beriman bertaqwa dan berakhlaq Mulia. Disini moralitas, integritas, spiritualisme diharapkan ada di dalam komponen.
  2. Kreativitas adalah kemampuan berkarya untuk menemukan jalan-jalan yang tidak kovensional, beradaptif terhadap perubahan dan juga selalu senantiasa berinovasi.Guru dituntut mampu untuk menemukan solusi tepat guna untuk menyelasaikan masalah yang timbul. Guru harus bersikap terbuka terhadap masukan dan gagasan orang lain untuk mencapai solusi yang solid untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi.
  3. Gotong-royong. kemampuan kompetensi berkolaborasi dan bekerjasama sebagai suatu tim akan menjadi kompetensi yang terpenting di dunia kerja masa depan.
  4. Berkebhinekaan Global. Mempunyai rasa hormat terhadap perbedaan, mencintai keberagaman nasional, mempunyai spirit nasionalisme yang tinggi dan saling mencintai sesama etnis dan agama.
  5. kemampuan bernalar kritis. Yaitu Kemampuan memecahkan permasalahan, kemampuan berpikir secara kritis, kemampuan memproses informasi secara kritis dan juga kemampuan berpikir secara struktur dan kuantitatif. inilah namanya benar
  6. kemampuan peserta didik secara mandiri mencari ilmu nya sendiri secara mandiri dan proaktif melaksanakan kegiatan bekerja maupun belajar. Serta memiliki pemikiran yang mandiri sehingga tidak mudah tergoyahkan.

Keenam profil pelajar Pancasila diatas merupakan tujuan utama capaian Merdeka belajar. Sebagai Guru penggerak tentunya harus memiliki karakteristik 6 profil pelajar Pancasila. Bagaimana kita ingin merubah generasi berikutnya tanpa guru-guru penggerak yang mempunyai dan menghayati karakteristik profil pelajar Pancasila.

program ini merupakan suatu program pelatihan, Identifikasi dan pembibitan calon pemimpin-pemimpin pendidikan di masa depan. Kemendikbud akan mendorong guru penggerak menjadi pemimpin-pemimpin Pendidikan dimasa depan yang mewujudkan generasi unggul Indonesia.

Program ini juga merupakan program pelatihan pembinaan dan juga untuk membesarkan dampak dari pada guru-guru penggerak. Program ini adalah program untuk mencari bibit-bibit pemimpin-pemimpin Pendidikan di masa depan Indonesia. itulah betapa pentingnya Kesuksesan proses identifikasi dan pembinaan agar masa depan unit pendidikan dapat terjaga.

Berikut harapan dari program yang akan dilaksanakan:

  1. mendorong tumbuh kembang murid secara holistic mengikuti profil pelajar Pancasila. Guru penggerak perlu memperhatikan apa saja standar pencapaian profil pelajar Pancasila dan bagaimana merubah semua aktivitas belajar untuk menjaga keutuhan 6 profil pelajar Pancasila tersebut.
  2. Guru penggerak harus termotivasi untuk menjadi coach atau mentor. Baik untuk guru lain di dalam sekolahnya, bahkan diluar sekolahnya.
  3. Sebagai tauladan dan agen perubahan di dalam ekosistem pendidikan. Guru penggerak harus punya dampak kepada guru-guru yang lain, kepada sekolah dan menjadi suatu pemicu perubahan di masing-masing unit Pendidikan serta diluar unit Pendidikan.

Pendidikan guru penggerak dilakukan dengan pendekatan adragogi dan berbasis pengalaman. Berikut prosesnya:

  1. Rekrutmen calon guru penggerak. Kemendikbud akan memberikan kesempatan kepada guru-guru terbaik. Baik guru PNS maupun juga guru honorer. Untuk bisa menjadi guru penggerak
  2. Pendidikan calon guru penggerak. Ini bertujuan untuk melatih potensi kepemimpinan, potensi mentorship untuk membantu guru-guru lain, dan kemampuan untuk melakukan perubahan di dalam masing-masing institusi Pendidikan.
  3. Generasi baru pemimpin Pendidikan. Setelah guru dinyatakan lulus dari Pendidikan, Kemendikbud akan bekerjasama dengan semua pemerintah daerah, semua kepala dinas untuk memastikan bahwa guru-guru penggerak ini akan bisa berdampak besar di dalam lingkungan sekolahnya dan juga menjadi bibit-bibit yang akhirnya menjadi kepala sekolah penggerak, pengawas penggerak dan juga pelatih guru-guru penggerak kedepannya. Ini dilakukan agar kepala-kepala sekolah kita dan pengawas sekolah berfokus kepada kualitas pembelajaran dan berfokus kepada peningkatan kemampuan masing-masing guru di dalam sekolahnya

Proses pendidikan dan penilaian berbasis dampak dan bukti.

  1. 70% dari komponen adalah belajar di tempat kerja dan melakukan refleksi.
  2. 20% komponennya adalah belajar rekan-rekan guru lain
  3. 10% pelatihan bersama fasilitator dan narasumber

Sehingga penilaiannya akan lebih berpusat kepada Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran itu bisa meningkatkan hasil belajar murid. Melalui penugasan Mandiri umpan balik dari rekan sejawat, fasilitator dan kepala sekolah.

Modul-modul atau pendidikan program ini terbagi menjadi tiga yaitu :

  1. Paket 1. Tentang Paradigma dan visi guru pengerak.

perlu dipahami orientasi nilai yang berakar pada Filosofi pendidikan Indonesia. Refleksi filosofi dari Ki Hajar Dewantara itu adalah hal yang paling utama yang nanti akan dipelajari oleh calon-calon guru penggerak.

Nilai-nilai, peran dan visi peran dalam program ini perlu juga dipahami. Untuk dapat diterapkan di praktek keseharian untuk membangun budaya positif di sekolah.

  1. Paket 2. Praktik pembelajaran yang berpihak kepada murid

Mengajar dengan diferensiasi sesuai dengan kebutuhan siswa menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai, Pembelajaran sosio emosional dan juga coaching.

  1. Paket 3. Pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah.

Membahas mengenai pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, dan pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid.

Manfaat bagi pemerintah daerah

  1. Program Pendidikan calon pemimpin Pendidikan mas depan
  2. Mendorong pembelajaran yang semakin berkualitas dan berpusat kepada muri
  3. Meningkatnya kolaborasi antar pemangku kepentingan kependidikan.

untuk anda guru yang ingin lebih berdampak untuk komunitas dan ingin melakukan perubahan dalam sekala besar diluar kelas anda, anda dapat bergabung menjadi Guru penggerak. untuk menggerakan program merdeka belajar di masing-masing daerah.

Untuk mendalami lebih mendalam terkait peran guru penggerak. eGuru.id memfasilitasi semua pendidik di Indonesia dengan menyelenggarakan SEMINAR NASIONAL PERAN GURU PENGGERAK DALAM EKSISTENSI KURIKULUM MERDEKA. Dengan menghadirkan Sekretaris Komunitas Belajar Guru Penggerak Kabupaten Temanggung bapak Joko Prasetyo, S.Pd.

🧾 PELAKSANAAN :

Jumat, 4 Maret 2022

Pukul 13.30 WIB – selesai

=============================

💎 FASILITAS PESERTA FREE/GRATIS

-Sertifikat Tanpa Nama (4 JP)

-Live On YouTube

-Seminar Kit (Undangan, Materi, Rekap daftar hadir)

===========================

📥 PENDAFTARAN PESERTA FREE/GRATIS

Syarat Daftar:

  1. Gabung Channel telegram t.me/infowebinarpendidikan
  2. Share info ini ke 3 Grup Pendidik yang lain.
  3. Kemudian mengisi link pendaftaran: http://bit.ly/Semnas_Guru_Penggerak

================================

⬇️ Download/Unduh Undangan klik: https://bit.ly/Undangan_Semnas

================================

Pendaftaran seminar bagi Member silakan bisa hubungi wa.me/6285869433931 (Admin Ayu)

 

Penulis : Lawu arunawang 085865988163
Info webinar gratis : linktr.ee/grupinfowebinar

Share :

Baca Juga

Advertorial

GRATIS Seminar Nasional Ramadhan Bersama Ustadz Muhammad Nur Maulana “Kreativitas Mendidik Generasi Muslim di Era Digital”

Seminar

Segera Unduh! Sertifikat Seminar Nasional Hidden Curriculum

Seminar

Seminar Nasional : Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka
Masalah Guru Honorer

News

Diklat Gratis 32JP Simak Tips Mudah Menulis Buku Ber-ISBN

Pelatihan

Segera Tutup Diklat Nasional 32 JP Gratis! Mudah dan Praktis Menyusun Perangkat Ajar Inovatif dalam Kurikulum Merdeka

Seminar

Seminar Nasional – Kurikulum merdeka solusi untuk learning loss

News

Mengenal Aplikasi Sipendi dan Manfaatnya Bagi Guru PAUD/TK/KB

Seminar

Webinar Gratis : Meningkatkan Kecerdasan Emosional Guru