Home / Media Mengajar

Minggu, 8 Januari 2023 - 22:01 WIB

Inilah Keunggulan Menggunakan Media Ajar Berupa Video

Dibaca 1,246 kali

Sebagai guru, pernahkah Anda melihat siswa Anda merasa malas dan bosan ketika dihadapkan dengan buku ajar atau textbook yang mayoritas berisi tulisan? Disisi lain, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa media ajar menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran.

Anda bisa mencoba menerapkan pembelajaran dengan media pembelajaran berupa video. Melalui media video, kegiatan belajar mengajar dapat lebih menarik dan menyenangkan. Media ajar berupa video dapat membantu memperjelas materi, sebagai sarana memperjelas pesan saat proses pembelajaran.

Media Ajar dan Media Video

Pengertian media pembelajaran menurut beberapa ahli adalah alat, bahan, dan kejadian untuk mengarahkan pesan dari guru kepada siswa atau sebaliknya. Media ajar bisa melibatkan pikiran, minat siswa, perhatian, sehingga pembelajaran menjadi lebih tepat sasaran.

Sementara itu, video merupakan salah satu media audio visual untuk media pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar. Media audio visual dapat secara bersamaan menampilkan unsur gambar (visual) dan suara (audio) saat menyampaikan pesan atau informasi.

Jadi, media video dapat bermanfaat sebagai media pembelajaran yang berguna baik bagi guru maupun siswa dalam rangka pengembangan dan perbaikan proses belajar dengan berbagai keunggulannya.

Keunggulan Menggunakan Media Ajar Berupa Video

Berbeda dengan media ajar konvensional berupa buku teks, media video dapat membawa suasana yang berbeda bagi siswa dalam belajar. Adapun keunggulan lain dari penggunaan media ajar berupa video adalah sebagai berikut:

Halaman Berikutnya

1. Mengoptimalkan waktu belajar

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Unduh Sekarang! Sertifikat Diklat Menyusun Perangkat Ajar

Media Mengajar

Guru Wajib Tahu! Cara Aktivasi Akun Pembelajaran Belajar.id

Media Mengajar

Pengertian Model Pembelajaran, Fungsi, Jenis, dan Macamnya

Karya Inovatif

Media Pembelajaran Berbasis Digital, Jenis dan Contoh
PAS

Media Mengajar

Kegiatan PAS Ini yang Harus Guru Lakukan

Karya Inovatif

Workshop 32JP Gratis! Youtuber Dengan Konten Media Pembelajaran

Media Mengajar

Cara Berkontribusi Dalam Menyusun Perangkat Ajar Di Platform Merdeka Mengajar

Karya Inovatif

Materi Hari Ketiga Diklat 40JP Dampak Kurikulum Merdeka