Home / Kesiswaan

Selasa, 15 Februari 2022 - 13:36 WIB

Karakter Siswa yang Wajib Dipahami Oleh Guru

Dibaca 312 kali

Karakter Siswa – Kini, kita sedang merasakan bagaimana terjadinya krisis moral di masyarakat. Khususnya di kalangan para pelajar. Maraknya tawuran antar pelajar, banyaknya ugal-ugalan di jalanan, atau yang lainnya menjadi salah satu indikasi dan menimbulkan pertanyaan di benak banyak orang, bagaimana bisa para siswa yang seharusnya belajar dan menjadi kaum terpelajar justru melakukan tindakan yang tidak pantas. Karena seharusnya, kaum terpelajar tersebut meski menampilkan contoh yang baik di masyarakat.

Krisis moralitas sudah terjadi  di depan mata. Itulah mengapa, sudah seharusnya setiap guru mengambil bagian penting dalam penanaman karakter kepada setiap siswa.

Namun sebenarnya, apa saja karakter yang seharusnya dimiliki oleh siswa? Simak penjelasannya berikut.

Apa itu karakter siswa?

Sebelum membahas seputar karakter siswa, maka kita harus tahu dahulu apa sebenarnya karakter siswa itu. Secara sederhana, karakter adalah ciri khas seseorang yang akan menjadi pembeda dirinya dengan orang lain. Di mana, karakter ini adalah hasil interaksi seseorang dengan lingkungannya. Sehingga, karakter siswa bisa kita artikan dengan karakter yang melekat dan dipengaruhi oleh interaksi antara siswa dengan yang lainnya. Yakni, antara siswa dengan guru, antara siswa dengan siswa, dan antara siswa dengan lingkungannya.

Kabar baiknya, pemerintah sudah ikut andil dalam penanaman karakter peserta didik. Salah satunya adalah dengan menyalurkan dana yang cukup besar untuk melatih tenaga guru profesional guna menerapkan pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Yang mana, dengan pelatihan ini, diharapkan bisa memperbaiki karakter para siswa yang cenderung gampang terbawa zaman secara negatif.

Nilai karakter siswa

Adapun nilai-nilai karakter yang meski diketahui guru tergolong cukup banyak. Berikut beberapa di antaranya.

  1.     Religius

Tentu, karakter pertama ialah religius. Yang berarti, siswa meski mematuhi nilai-nilai agama yang dianutnya. Yang mana, nilai-nilai ini bersumber dari Tuhan sehingga hingga bisa secara otomatis mengontrol perilaku seseorang.

  1.     Jujur

Yang kedua adalah jujur. Nilai satu ini mengandung arti bahwa setiap siswa harus memiliki ucapan yang sesuai dengan perbuatannya.

  1.     Toleransi

Karena kita hidup di negara yang sangat beragam, maka setiap siswa dituntut untuk memiliki karakter toleransi. Yakni lapang dada dalam menghadapi berbagai perbedaan yang ada. Mulai dari agama, warna kulit, suku, dan lain sebagainya.

  1.     Disiplin

Karakter yang selanjutnya adalah disiplin. Disiplin adalah tertib dalam mengikuti seluruh peraturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Karena karakter satu ini bisa menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

  1.     Pekerja keras

Bekerja keras adalah usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh demi terwujudnya cita-cita.

Selain beberapa karakter di atas, masih banyak karakter siswa yang lainnya yang harus dipahami oleh guru. Seperti kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, demokratis, cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan lain sebagainya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

ant/shd

 

 

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Mengenal Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

Edutainment

Kurikulum Paradigma Baru, Guru Harus Tau

Edutainment

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Penerapannya di Kelas

Kesiswaan

Penanaman Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar

Kesiswaan

Memahami Kecerdasan Intelektual Siswa Agar Guru Tak Salah Bertindak

Kesiswaan

Catat! Aturan Baru Seragam Sekolah Berdasarkan Permendikbud

Kesiswaan

Efektivitas Penggunaan Komik sebagai Media Pembelajaran

Kesiswaan

Yuk Simak Kurikulum Paradigma Baru pada Sekolah Menengah Atas