Home / Metode Pembelajaran / Seminar

Senin, 18 April 2022 - 10:08 WIB

Download Sertifikat Seminar Nasional Layanan Pendidikan Inklusif

Dibaca 6,448 kali

Layanan Pendidikan Inklusif – Telah dilaksanakan Seminar Nasional dengan judul Ramah Layanan Pendidikan Inklusif Pada Satuan Pendidikan pada jumat, 15 april 2022. Seminar ini diselenggarakan secara online melalui live streamin youtube dan live zoom meeting.

Seminar ini menghadirkan narasumber special yaitu bapak Dr. Achyar, M.Pd yang merupakan Fasilitator Pendidikan Inklusif P4TK TK PLB Kemdikbudristek RI. Dipandu oleh narasumber Dewi Masruroh, S.Pd.,C.Md. dari Tim e-Guru.id. Untuk membantu kegiatan belajar lebih lanjut, peserta yang sudah mendaftar dan mengikuti kegiatan akan medapatkan beberapa fasilitas.

Berikut fasilitas yang dapat diunduh diantaranya adalah Sertifikat Tanpa Nama (4JP), Materi Seminar, Rekap Daftar Hadir, Undangan Seminar. Klik link berikut untuk mengunduh :

Terima kasih telah menjadi peserta Seminar Nasional Layanan Pendidikan Inklusif. Untuk mengikuti kegiatan gratis bersertifikat silahkan simpan nomor admin di nomor 085865988163 (admin lawu) lalu kirim pesan dengan format NAMA_INFO KEGIATAN.

Layanan Pendidikan Inklusif

Pendidikan inklusif adalah sistem  pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan dan belajar bersama dalam suatu lingkungan pendidikan.

Pendidikan inklusif menuntut  sekolah untuk beradaptasi baik dari segi kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, serta sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Karena kurangnya pemahaman yang komprehensif tentang inklusi, tidak semua sekolah dapat menawarkan dan menyediakan pendidikan inklusif sebaik mungkin.

Salah satu bentuk layanan pendidikan inklusi adalah pendidikan yang menghormati semua peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus. Semua siswa berada dalam lingkungan yang sama. Silabus yang digunakan adalah silabus sekolah yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan  kebutuhan  semua siswa.

Bentuk layanan pendidikan inklusif adalah layanan pendidikan dengan peserta didik yang beragam di sekolah/kelas umum, termasuk anak yang pertumbuhan dan perkembangannya berbeda dari anak biasa. Prinsip Bentuk layanan ini adalah mereka hadir bersama, saling menghargai, menerima perbedaan,  berpartisipasi dalam kegiatan belajar sesuai dengan kemampuannya, dan semua anak dapat mengikuti kelas sesuai dengan kebutuhannya.

Bentuk layanan pendidikan inklusif di sekolah umum menggunakan kurikulum yang ada di sekolah tersebut, tetapi guru dapat melakukan perubahan untuk mengakomodasi dengan kondisi kelas yang beragam.

Guru diperbolehkan untuk mengubah dan menyesuaikan kurikulumnya jika terdapat anak yang mengalami kesulitan saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru mungkin memerlukan bantuan GPK untuk merancang kegiatan pembelajaran sedemikian rupa sehingga semua anak di kelas yang sama dapat belajar.

Manfaat Program inklusi

  1. Berdasarkan hasil wawancara dengan anak non ABK di sekolah menengah, hilangnya rasa takut pada anak berkebutuhan khusus akibat sering berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus.
  2. Anak non ABK menjadi semakin toleran pada orang lain setelah memahami kebutuhan individu teman ABK.
  3. Banyak anak non ABK yang mengakui peningkatan selfesteem sebagai akibat pergaulannya dengan ABK, yaitu dapat meningkatkan status mereka di kelas dan di sekolah.
  4. Anak non ABK mengalami perkembangan dan komitmen pada moral pribadi dan prinsip-prinsip etika
  5. Anak non ABK yang tidak menolak ABK mengatakan bahwa mereka merasa bahagia bersahabat dengan ABK

Oleh karena itu, orang tua yang tidak memiliki anak berkebutuhan khusus tidak perlu khawatir bahwa pendidikan inklusif dapat berpengaruh negative pada pendidikan anaknya. Bahkan, akan lebih menguntungkan terhadap perkembangan anak-anak.

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi 

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP?

Ingin dibantu mendaftar member e-Guri.id ? Hubungi wa.me/6285869433931 (Admin Ayu)

 

(law/law)




Share :

Baca Juga

Metode Pembelajaran

Menerapkan Konsep SOLE dalam Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Perbedaan antara Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran

News

Diklat Gratis 32JP Simak Tips Mudah Menulis Buku Ber-ISBN

Metode Pembelajaran

Mengenal Teknik Hypnoteaching untuk Pendalaman Materi Ajar

Pelatihan

Segera Tutup Diklat Nasional 32 JP Gratis! Mudah dan Praktis Menyusun Perangkat Ajar Inovatif dalam Kurikulum Merdeka

Metode Pembelajaran

Berikut Penjelasan yang Guru Bisa Pahami Tentang Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif

Karya Inovatif

Webinar Gratis! Naik Pangkat, Menggapai 12,5 Angka Kredit dari 1 Diktat

Media Mengajar

Mengenal Model Pembelajaran Problem Solving