Home / Edutainment / News

Minggu, 6 Maret 2022 - 21:09 WIB

Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi

Dibaca 322 kali

Dimasa pandemi penanaman pendidikan karakter terhadap anak usia dini tidak semudah pada waktu pembelajaran normal, karena pembelajaran jarak jauh tidak memungkinkan pendidik berinteraksi secara langsung setiap hari dengan anak usia dini.

Usia dini merupakan salah satu momen yang sangat efektif untuk menanamkan berbagai ilmu yang bermanfaat. Anak usia dini sebaiknya diberikan pendidikan karakter sebagai pondasi yang kuat untuk kehidupannya di masa mendatang. Nilai-nilai yang dibiasakan oleh orang tua dan pendidik tentu akan senantiasa diingat setelah beranjak dewasa. Itulah pentingnya pendidikan karakter anak usia dini.

Meski bersifat penting, namun kesadaran dari orang tua terhadap pendidikan karakter masih tergolong sangat rendah. Mungkin karena masih baru menjadi orang tua dan belum mengetahui ilmu parenting yang baik dan benar. Namun sebelum membahas mengenai pendidikan karakter anak usia dini lebih lanjut, ada baiknya pendidik dan orangtua mengetahui terlebih dahulu pengertian beberapa istilah sebagai dasar.

Usia dini adalah usia anak yang baru lahir sampai umur 6 tahun. Usia dini merupakan usia emas di mana perkembangan otak anak berjalan dengan sangat pesat. Inilah yang menjadi alasan bahwa pendidikan karakter penting diberikan. Anak akan mudah memahami pendidikan dan menjadi fondasi yang kuat ketika mereka dewasa nanti.

Karakter sangat erat kaitannya dengan personalitas seseorang. Karakter adalah sikap seseorang dalam menghadapi suatu hal. Karakter sifatnya juga spontan dan menyatu pada diri seseorang itu sendiri.

Pendidikan karakter merupakan salah satu jenis pendidikan yang mengembangkan berbagai nilai-nilai budaya yang baik. Pendidikan karakter ini mengasah otak anak untuk memiliki perilaku yang baik dan bertanggung jawab berdasarkan hati dan pikiran anak. Nilai pendidikan karakter yang dikembangkan pada anak usia dini diantaranya adalah: Religius, Jujur, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Sopan Santun, Tanggung Jawab dan Semangat Kebangsaan.

Pendidikan karakter bertujuan agar anak bisa menerapkan berbagai hal-hal yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan ini sangat penting untuk membentuk moral dan akhlak anak. Dalam melaksanakan pendidikan karakter kepada anak usia dini lebih efektif jika menampilkan contoh yang kongkrit melalui pembiasaan yang dilakukan setiap hari baik dirumah ataupun disekolah.

Pada waktu pembelajaran tatap muka, penanaman pendidikan karakter dapat diterapkan disekolah misalnya dengan cara, antri menunggu giliran pada waktu baris-berbaris, berjabat tangan dengan guru pada saat datang dan pulang sekolah, berbagi mainan dengan teman pada waktu istirahat, berbagi bekal saat makan bersama dengan anak yang lupa membawa bekal, dan masih banyak lagi.

Menerapkan pendidikan karakter dirumah juga bisa dilakukan, contohnya dengan cara mendidik anak melakukan doa sebelum melakukan sesuatu, seperti doa makan, doa akan tidur, lalu mendidik anak untuk berkata jujur, tanggung jawab, dan sebagainya,

Dalam melaksanakan pendidikan karakter anak usia dini di masa pandemi dapat berjalan dengan baik apabila ada dukungan dari orang tua. Orang tua sangat berperan penting untuk kelancaran dan keberhasilan pengembangan karakter anak karena mereka yang setiap saat mendampingi anak pada saat belajar dirumah.

Dengan cara rencana pembelajaran pendidikan karakter yang telah di susun pendidik dilaksanakan oleh anak dengan bimbingan dan contoh kongkrit dari orang tua. Komitmen dari orang tua untuk melaksanakan pengembangan karakter anak akan sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan pendidikan karakter anak.

Hasil dari pembelajaran karakter dirumah dapat dilaporkan kepada oleh orang tua ke pendidik melalui video kegiatan anak. Orang tua yang abai terhadap pembelajaran karakter yang telah disusun pendidik akan berbeda hasilnya dengan orang tua yang disiplin melaksanakan pembelajaran karakter pada anaknya.

Demikian informasi yang bisa disampaikan semoga bermanfaat. Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung ke Channel Telegram klik disini

Share :

Baca Juga

News

Siap-Siap! Gaji PNS Naik dan Tukin Miliki Skema Baru
Cara daftar Beasiswa Unggulan

News

Cara Mendaftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud
photo by kemdikbud.go.id

News

Anggaran Pendidikan dalam RAPBN 2024 Melonjak Naik!  Kebijakan Baru Apa yang Akan Ada di Tahun 2024?

News

Besaran TPP Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi TK, SD, SMP, SMA, SMK di Berbagai Daerah
Kementrian Agama Tanggapi Informasi Jadwal PPPK yang berdear

News

Kemenag Tanggapi Informasi Jadwal PPPK 2022

News

Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Projek Kurikulum Merdeka

News

Apakah Insentif Bisa Cair Tanpa Melakukan Verifikasi dan Validasi? Berikut Penjelasannya
prinsip penyusunan atp

News

Berikut Panduan Penilaian Kesesuaian Seleksi Guru PPPK 2022