Home / News

Jumat, 23 September 2022 - 20:10 WIB

Tunjangan Triwulan 3 Guru Cair, Simak Rinciannya Disini

Dibaca 3,601 kali

Tunjangan Triwulan 3 – Kabar gembira untuk guru yang mengajar di semua jenjang sekolah. Pasalnya pemerintah akan segera mencairkan tunjangan triwulan 3 untuk guru SD, SMP, SMA dan SMK yang sudah bersertfikasi.

Dikabarkan untuk saat ini telah ada daftar nama daerah yang dapat melakukan pencairan tunjangan sertifikasi triwulan 3. Adapun ketentuan sekolah tersebut berada dibawah naungan Kemenag.

Untuk itu guru mengajar di sekolah naungan Kemenag dan daerahnya ada dalam daftar maka mereka dapat mencairkan tunjangan sertifikasi triwulan 3 bulan September 2022.

Tunjangan triwulan 3 adalah hal yang sangat dinantikan oleh guru. Daerah yang telah mencairkan tunjangan sertifikasi guru tiwulan 3 tahun 2022 tersebut diantaranya: Pamekasa, Sukoharjo, Jombang dan Samarinda. Keseluruhan daerah tersebut adalah untuk sekolah yang berada dibawah naungan Kemenag.

Memang untuk saat ini pemerintah baru memberikan pencairan tunjangan sertifikasi guru tiwulan 3 untuk guru yang mengajar di sekolah naungan Kemenag.

Hal Ini memang sejalan dengan Aturan mentri agama yang mengatur pemberian tunjangan sertifikasi guru Kemenag dapat dicairkan per bulan.

Merujuk pada petunjuk teknis terkait pencairan tunjangan sertifikasi guru triwulan 3, nomor B-121.1/DJ/1/Dt/I/II/PP.00/01/2022. Pada pokoknya menerangkan petunjuk teknis pencairan tunjangan profesi guru yang diperuntukan bagi guru di sekolah-sekolah naungan Kemenag.

Baca Juga:  Terbaru, Info Penting dari Kemendikbud untuk Guru Honorer Menjelang Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2023

Lebih lanjut berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomo 7321 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru Madrasah, Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah. Pada pokoknya menerangkan mengenai mekanisme pembayaran tunjangan sertifikasi guru. Tunjangan profesi dapat dibayarkan secara bertahap dan dilakukan setiap bulan sesuai dengan kondisi satuan kerja.

Dengan demkikian Kementrian Agama memiliki legalitas jelas dalam memberikan tunjangan profesi guu setiap bulan. Namun hal ini berbeda dengan guru yang mengajar di sekolah naungan Kemendikbud. Sebab Kemendikbud tida merilis regulasi serupa dengan Kemenag.

Disisi lain, ada juga petunjuk teknis nomor 4 tahun 2022 yang mengaur pemberian tunjangan profesi, tunjangan khusus dan tambahan penghasilan guru ASN. Aturan ini mencakup wilayah provinsi, dan kabupaten/kotan yang mendalilkan bahwa penyaluran tunjangan pofesi guru dibawah naungan tidak disalurkan setiap bulan.

Halaman Selanjutnya

Petunjuk Teknis hanya membuat rincian

Share :

Baca Juga

News

Rekrutmen CASN 2023 Siap Diumumkan, Tinggal Satu Tahapan Saja

News

Perhatikan, Ini Faktor Penentu Utama Honorer LULUS / Tidak LULUS Seleksi PPPK 2024

Karya Inovatif

Segera Daftar! Diklat Gratis Membuat Bahan Ajar Untuk Kenaikan Pangkat

News

Terbaru! Berikut Tanggal Resmi Pencairan Gaji 13 Pensiunan

News

Ketiban Rezeki Nomplok! Gaji PNS dan PPPK Plus THR 2024, Resmi Cair Maret

News

Ini yang Menjadi Alasan 400 Ribu PNS & PPPK Berhak terima Zakat di Tahun 2024

News

Tenaga Honorer Jadi Prioritas Pada Pengangkatan ASN Melalui PPPK Paruh Waktu, Cek Syarat Dan Ketentuannya

News

Ini Dia Jadwal Turun SK PPPK Tahun 2024
Download Sertifikat Pendidikan Gratis