Home / Kesiswaan

Selasa, 31 Mei 2022 - 03:11 WIB

Tips Wujudkan Karakter Siswa Eligible agar Diterima Kampus Beruputasi

Dibaca 463 kali

Karakter Siswa Eligible – Menjadi seorang mahasiswa di Negeri tentu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri sebab bisa menyicil kontribusi di dalamnya dengan menjadi mahasiswa teladan.

Manfaat lainnya, tentu anda akan mendapat beragam fasilitas baik beasiswa maupun sarana dan prasarana lainnya yang mumpuni sebab PTN biasanya terakreditasi A.

Akreditasi A maknanya kampus tersebut mendapat predikat baik bagi dari segi capaian lulusan mahasiswa, capaian lulusan rekrut dosen baik luar negeri maupun dalam negeri, sistem administrasi, sistem data kemahasiswaan dan aspek lainnya yang masuk dalam indikator penilaian akreditasi.

Namun dibalik kebermanfaatan dan kebanggaan tersebut tentu ada perjuangan yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh para calon mahasiswa. Sebab tidak semuanya langsung bisa masuk dan menikmati menjadi mahasiswa kampus negeri.

Mekanisme Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Idealnya para calon mahasiswa bisa masuk dan menjadi mahasiswa PTN melalui beberapa seleksi yang ada. Misal dengan jalur SNMPTB, SBMPTN, seleksi mandiri maupun jalur khusus prestasi dari program kampus tertentu. Tentunya dari sekian jalur yang ada, persentase jalur mandiri menduduki teratas sebab kuota rekrutnya paling banyak.

Untuk jalur SNMPTN, jalur ini ditempuh dengan mengakumulasikan nilai rapor dan beberapa tambahan sertifikat prestasi di bidang akademik sebagai poin tambahan. Melalui jalur ini, peserta didik anda tidak perlu mengikuti tes tertulis sebab sudah melalui jalur rapor. Hanya saja, di beberapa jurusan tertentu terkadang membutuhkan portfolio dan placement test.

Misalnya, jurusan Sastra dan Bahasa Inggris, Desain dan Komunikasi Visual, Olahraga, Seni Tari, Seni Rupa dan beberapa jurusan tertentu lainnya terkait dengan bahasa dan .

Adapun mekanismenya sebagai berikut :

1.    Jalur SNMPTN

Biasanya semua jalur akan diinformasikan oleh satuan pendidikan. Untu jalur SNMPTN sendiri akan diambil beberapa delegasi di sekolah yang merupakan peserta didik terbaik dalam bidang akademik bahkan non-akademik.

Beberapa sekolah juga mengadakan bimbingan dan bagi peserta didik terbaik tersebut. Di era sekarang, istilah peserta didik terbaik tersebut dinamakan peserta didik dengan karakter siswa eligible.

Eligible sendiri bermakna bahwa peserta tersebut mampu dan memiliki di bidang terkait untuk selanjutnya bisa ditawari masuk ke dalam jenjang perkuliahan khususnya di Perguruan Tinggi Negeri.

2.    Jalur SBMPTN

Untuk jalur SBMPTN, biasanya sekolah juga akan mengadakan pelatihan. Namun anda juga bisa mengarahkan peserta didik untuk mengikuti bimbel di luar sebab bisa saja peserta didik merasa kurang dengan pelatihan yang ada di sekolah.

Terkadang di bimbel terpercaya, para peserta didik akan lebih diarahkan dan diberi tahu lebih mendalam mengenai tingkat dan passing grade dari masing – masing kampus serta jurusan yang diingikan.

Jika dirasa peserta didik masih belum mencapainya, maka akan ada konsultan yang bisa memberikan saran dan terkait upaya apa yang harus disolusikan agar peserta didik dapat lebih meningkatkan kapasitasnya.

Jalur SBMPTN diselenggarakan setelah pengumuman kelulusan jalur SNMPTN. Jalur ini menjadi jalur lanjutan. Namun berbeda dengan SNMPTN, jalur ini membutuhkan tes tertulis yang meliputi pengetahuan umum, soshum dan sains.

Tempat ujiannya sendiri dilaksanakan di berbagai kampus negeri. Sehingga calon mahasiswa tidak harus mengikuti tes di tempat dimana ia memilih kampus dan jurusannya.

3.    Jalur Mandiri

Kemudian untuk jalur mandiri, dilakukan setelah jalur SMPTN dan SBMPTN. Jalur ini dibuka untuk membuka kesempatan bagi para peserta didik yang belum berhasil lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN. Jalur mandiri juga tetap mengadakan tes. Hanya saja, tes atau soal yang duijikan berdasarkan otonomi kampus masing – masing.

Baca Juga:  Yuk Simak Kurikulum Paradigma Baru pada Sekolah Menengah Atas

4.    Jalur Program Kampus

Untuk jalur program kampus, biasanya info tersebut akan diinfokan ke beberapa sekolah yang menjadi mitra dari Perguruan Tinggi Negeri. Misalnya, program hafidz, kemudian program prestasi lain yang sesuai dengan jurusan dan bidang yang dibuka.

Jalur program ini biasanya hanya membuka kuota yang sangat sedikit namun ada biaya potongan bahkan beasiswa full dari kampus jika memenuhi persyaratan yang diajukan.

Strategi Mewujudkan Eligible di Lingkungan Sekolah

adalah para peserta didik yang sudah memenui persyaratan baik pada aspek administrasi maupun prestasi yang mereka miliki agar dapat memiliki peluang besar mendaftar di jalur SNMPTN. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Pertama, peserta didik yang mengikuti kategori eligible harus berkomitmen untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa PTN melalui jalur SNMPTN di kampus. Karakter eligible diambil berdasarkan akumulasi dari nilai rapor mulai semester 1 – 5.

Jika dirasa sudah sesuai, maka satuan pendidikan harus mendaftarkan siswanya melalui laman PDSS SNMPTN. Proses pengunggahan data harus benar – benar valid agar tidak berdampak pada peserta didik. Biasanya proses ini akan diselesaikan oleh admin sekolah.

Kemudian, peserta didik tersebut dapat masuk melalui website LTPMT untuk mengetahui hasil akhir kelulusan.

Adapun beberapa strategi yang bisa peserta didik lakukan yakni :

1.    Berusaha dan Berdo'a dengan Sungguh – Sungguh

Strategi pertama yang harus dilakukan peserta didik yakni senantiasa menambah usaha dan jangan lupa berdo'a. Terkadang yang rajin dan pintar tidak selalu bisa mendapat kesempatan untuk memasuki kampus negeri sebab satu dan lain hal. Maka dari itu, penting bagi peserta didik untuk mengerahkan segala tenaga dan usaha serta menutupnya dengan do'a.

2.    Berkarya dan Mengikuti Lomba

Kemudian hal lainnya, poin prestasi harus bisa diisi sebanyak mungkin agar anda memiliki kesempatan yang lebih besar. Biasanya jalur SNMPTN lebih memilih peserta didik yang memiliki banyak prestasi apalagi seimbang dengan kemampuan di bidang yang akan dipilih.

Bagi guru, coba pahamkan para peserta didik bahwa sertifikat tidak harus berkaitan dengan sertifikat kejuaraan, namun juga sertifikat kepanitiaan, peserta lomba maupun pelatihan juga akan mendapatkan nilai tersendiri.

3.    Aktif Organisasi di dalam maupun Luar Sekolah

Kemudian, salah satu cara untuk mendaopatkan sertifikat yang banyak yakni dengan mengikuti kegiatan atau bahkan menjadi anggota organisasi. Tidak hanya belajar sebagai panitia, namun anda belajar untuk bisa menjadi seorang sosialitator sejati sebab nanti di kampus akan ada banyak model diskusi dan bersosialisasi yang akan dijalankan.

4.    Mengoptimalkan Belajar mulai dari Semester 1 – 5

Mewujudkan diri menjadi mahasiwa PTN favorit, memang membutuhkan usaha lebih. Tentu usaha tersebut tidak hanya dikerjakan dalam waktu beberapa hari atau bahkan dikebut semalam. Namun ada juga perjuangan yang membutuhkan sampai beberapa tahun lamanya.

Sebagai guru, anda harus senantiasa menyampaikan pada peserta didik bahwa penilaian mereka dari semester 1-5 akan sangat membantu penilaian pada jalur masuk SNMPTN.

Nah, demikian ulasan mengenai karakter siswa eligible dan strategi mewujudkannya. PTN tidak menjamin seseorang akan sukses, namun dengan bantuan sarpras dan kualitas keilmuannya, maka besar harapannya para peserta didik dapat meningkatkan keoptimalan diri maupun aspek keterampilannya di PTN.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan setiap bulan untuk sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Begini Mekanisme Penyelenggaraan Sekolah Inklusi di Indonesia

Kesiswaan

SEGERA! Cek dan Daftar BLT Anak Sekolah 2022

Kesiswaan

Karakter Siswa Eligible untuk Lolos SNMPTN

Kesiswaan

Strategi Hadapi Insekuritas Peserta Didik di Lingkungan Sekolah

Kesiswaan

Yuk Simak! Manfaat dan Tujuan Diselenggarakannya Pendidikan Inklusi

Kesiswaan

Penanaman Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar

Kesiswaan

Dampak Bullying yang Harus Guru Ketahui di Sekolah

Kesiswaan

Cara Mengatasi Siswa yang Tertinggal Materi Selama PJJ
Download Sertifikat Pendidikan Gratis