Home / News / Pengembangan Guru

Sabtu, 18 Maret 2023 - 05:28 WIB

Cegah Andalkan Google, Kemenag Minta Guru PAI Tingkatkan Kompetensi

Dibaca 330 kali

sumber foto: Kemenag

sumber foto: Kemenag

 

Banyak siswa ketika mencari informasi mengandalkan mesin pencari Google. Hal tersebut dapat bermasalah jika berkaitan dengan pembelajaran agama, sebab tidak semua sumber yang ada di internet dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kementerian Agama melalui Direktur Pendidikan Agama Islam Kemenag Amrullah memberikan pesan kepada para guru PAI di tingkat SMA dan SMK untuk terus meningkatkan kapasitas. Selain itu, para guru PAI juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman.

Guru PAI sendiri dianggap sangat penting dalam mendampingi belajar siswa karena kehadirannya tidak bisa digantikan oleh mesin maupun kemajuan teknologi. Oleh karena itu, para guru perlu terus meningkatkan profesionalitas dan kapasitas diri agar dapat memberikan pendampingan belajar yang lebih baik.

“Para guru PAI harus meningkatkan penguatan dan kapasitas diri, karena guru PAI kehadirannya tidak bisa digantikan oleh mesin maupun kemajuan teknologi,” ujarnya.

Pesan tersebut disampaikan dalam sebuah orientasi untuk para guru PAI tingkat SMA/SMK yang dihadiri dari 12 Provinsi. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas dan profesionalitas guru PAI.

Selama orientasi, para guru mendapatkan sejumlah materi lain yang tak kalah penting bagi guru di era digital, antara lain tentang pemanfaatan Google Workspace for Edu untuk menunjang efektifitas pembelajaran PAI SMA dan SMK.

Para peserta dalam kegiatan tersebut juga mendapat materi praktik penyusunan modul pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka serta pelatihan menginsersi muatan Moderasi Beragama pada Kurikulum Merdeka.

Selain itu, para guru juga mendapat materi tentang cara mengintegrasikan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dari Dosen Flinder University Australia.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat PAI Adib Abdushomad menyatakan bahwa saat ini memang semakin mudah dan gampang untuk mencari sumber ilmu pengetahuan secara online. Namun, guru harus tetap menjadi rujukan utama siswa.

Perkembangan teknologi akhir-akhir ini memang sangat menakjubkan. Oleh sebab itu, para guru harus tetap update atas informasi dan perkembangan yang terjadi.

Menjadi seorang guru yang baik dan profesional memang bukan tugas yang mudah. Guru harus memahami perkembangan zaman dan teknologi yang terus berubah. Oleh karena itu, meningkatkan kapasitas diri adalah hal yang sangat penting bagi seorang guru.

Berlanjut di Halaman Berikutnya

Seiring dengan perkembangan teknologi….

Share :

Baca Juga

Edutainment

Metode Resitasi. Pengertian, Tujuan, Jenis dan Langkah

News

Tips Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak Sejak Dini

Edutainment

Jadwal Libur Lebaran dan Liburan Sekolah Tahun 2023 di Berbagai Provinsi di Indonesia

News

Ketentuan Sanggah Untuk Seleksi Administrasi PPPK dan CPNS 2023, Simak Agar Anda Tidak Salah!

News

Gaji Masih Yang Lama, Berikut Cara Memperbaiki Nominal Gaji Pada Info GTK
PAS

News

Penjelesan Bantuan KJMU, Dana 9 Juta Per Semester

News

Afirmasi Khusus Guru Non ASN Masa Kerja 10 Tahun, Ini Penjelasan Kemdikbud

News

Dirjen PAI Rilis Pemenuhan Beban Kerja Terbaru Pencairan TPG PAI