Home / Edutainment / Pelatihan

Kamis, 9 November 2023 - 10:46 WIB

Penggunaan Metode CRAFT dan Mind Mapping dalam Mengembangkan Motivasi Siswa

Dibaca 180 kali

Motivasi merupakan salah satu faktor kunci dalam proses pembelajaran. Tanpa motivasi yang cukup, siswa mungkin akan kesulitan dalam mengikuti pelajaran dan mencapai prestasi yang baik. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk mencari metode yang efektif dalam mengembangkan motivasi siswa. Dalam artikel ini, kami akan membahas penggunaan metode CRAFT dan Mind Mapping dalam mengembangkan motivasi siswa.

  1. Pengertian Motivasi Siswa

Motivasi siswa adalah keadaan internal yang mendorong seseorang untuk belajar atau berpartisipasi dalam aktivitas pembelajaran. Motivasi dapat berasal dari faktor internal, seperti keinginan untuk mencapai tujuan pribadi, atau faktor eksternal, seperti pujian dari guru atau dukungan dari orang tua. Motivasi yang tinggi cenderung meningkatkan kinerja siswa dan memungkinkan mereka untuk lebih bersemangat dalam belajar.

  1. Metode CRAFT

Metode CRAFT (Collaborative Reasoning and Argumentation Framework for Teaching) adalah metode pembelajaran yang mengedepankan kolaborasi siswa dalam merancang argumen dan pemecahan masalah. Metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi, berdebat, dan bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai pemahaman yang lebih dalam tentang materi pelajaran. Metode CRAFT mendorong siswa untuk berpikir kritis dan aktif dalam pembelajaran mereka.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Pengembangan Motivasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2822/checkout  dapatkan diklat serta bonus File Ice Breaking. Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Penggunaan Metode CRAFT dalam mengembangkan motivasi siswa dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Keterlibatan Aktif: Dalam metode CRAFT, siswa secara aktif terlibat dalam diskusi dan kolaborasi dengan teman-teman mereka. Ini memberikan mereka rasa memiliki terhadap pembelajaran mereka dan meningkatkan motivasi untuk berpartisipasi.
  • Pengembangan Keterampilan Berpikir: Metode ini mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis, yang dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam belajar.
  • Kepemilikan Hasil: Siswa merasa memiliki hasil dari diskusi dan pemecahan masalah yang mereka rancang bersama. Ini dapat meningkatkan motivasi mereka untuk mencapai hasil yang lebih baik.
  1. Mind Mapping

Mind Mapping adalah teknik visual yang digunakan untuk merangkum dan mengorganisasi informasi dalam bentuk diagram. Mind Mapping membantu siswa untuk menghubungkan konsep-konsep yang berbeda dan memahami hubungan antara mereka. Ini dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan meningkatkan motivasi mereka untuk belajar.

Penggunaan Mind Mapping dalam mengembangkan motivasi siswa melalui beberapa cara berikut:

  • Visualisasi Informasi: Mind Mapping membantu siswa untuk memvisualisasikan informasi secara lebih jelas. Ini membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan motivasi.
  • Pemahaman yang Lebih Baik: Dengan membantu siswa mengorganisasi dan menghubungkan konsep-konsep, Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Ini dapat meningkatkan motivasi karena siswa merasa lebih percaya diri dalam menghadapi materi yang sulit.
  • Kreativitas: Siswa dapat menggambarkan informasi dengan cara yang kreatif melalui Mind Mapping, yang dapat meningkatkan minat mereka dalam pembelajaran.
  1. Kombinasi CRAFT dan Mind Mapping

Penggunaan kedua metode ini dalam pembelajaran dapat sangat efektif. Ketika siswa terlibat dalam diskusi dan pemecahan masalah menggunakan metode CRAFT, mereka kemudian dapat menggunakan Mind Mapping untuk merangkum informasi dan ide-ide yang mereka diskusikan. Ini membantu mereka untuk memahami dan mengingat materi dengan lebih baik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi siswa.

Yuk Ikut Pelatihan 46JP “Pengembangan Motivasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran”

  • Tanggal: 20-27 November 2023
  • Tempat: Melalui Zoom Meeting dan Telegram
  • Jam: 19.00WIB-Selesai
  • Narasumber : Multazam Wisra,S.Pd.

Pembagian Materi Pada Pelatihan Pengembangan Motivasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran: 

  1. Konsep dasar motivasi
  2. Mengenal kekuatan utama yang dimiliki manusia
  3. Cara memotivasi peserta didik
  4. Penggunaan Metode CRAFT dan Mind Mapping dalam Mengembangkan Motivasi
  5. Praktik Pembuatan Konsep Metode CRAFT dan Mind Mapping dalam Mengembangkan Motivasi

Fasilitas Pelatihan:

Kami memiliki paket pelatihan yang kaya dan beragam yang mencakup berbagai topik menarik. Beberapa fasilitas tersebut adalah:

  • Materi Pelatihan
  • E-sertifikat 46 JP Bernama
  • Full Support dari Tim Instruktur
  • Laporan Pengembangan Diri
  • Berbagi Praktik Baik

Bonus Fasilitas

  • File Ice Breaking

Bagaimana Cara Mendaftar?

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Pengembangan Motivasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2822/checkout  dapatkan diklat serta bonus File Ice Breaking .

Jika mengalami kendala pendaftaran Anda bisa menghubungi nomor berikut http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Segera daftar sebelum 19 November 2023

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Free Diklat” link berikut https://t.me/infofreediklat32JP

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Free Diklat” link berikut https://t.me/infofreediklat32JP

(RAW)

 

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Keunggulan Mengerjakan Aksi Nyata PMM

Pelatihan

Cara Menyusun Modul Proyek

Karya Inovatif

Menjadi Guru Kreatif Dengan Memaksimalkan Media Pembelajaran

News

Ingin Mengatasi Learning Loss? Yuk Ikut Diklat Bersertifikat 35JP

Edutainment

Macam-Macam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka Yang Bisa Diterapkan Dengan Mudah

Pelatihan

Keunggulan Membuat Bukti Karya dalam Pendidikan

Edutainment

Cara Sekolah Mendapatkan Penghargaan Adiwiyata

Pelatihan

Pentingnya CP, TP, dan ATP dalam pembelajaran